Image

Profil

PERATURAN BUPATI MOJOKERTONOMOR 76TAHUN 2016

TENTANG KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS DAN FUNGSI SERTA TATA KERJA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN MOJOKERTO

 

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah merupakan unsur penunjang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dibidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dipimpin oleh Kepala Badan yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan fungsi penunjang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dibidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi :

  1. penyusunan kebijakan teknis dibidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan;
  2. pelaksanaan tugas dukungan teknis dibidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan;
  3. pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis dibidangperencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan;
  4. pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi-fungsi penunjang urusan pemerintahan daerah dibidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan;
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

Susunan organisasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, terdiri atas :

  1. Kepala Badan;
  2. Sekretariat, membawahi :

1)      Sub Bagian Umum dan Kepegawaian;

2)      Sub Bagian Penyusunan Program;

3)      Sub Bagian Keuangan.

3. Bidang Ekonomi, membawahi :

1)      Sub Bidang Pertanian dan Pangan;

2)      Sub Bidang Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro;

3)      Sub Bidang Pembiayaan Pembangunan Daerah.

4. Bidang Sosial, Budaya dan Pemerintahan,   membawahi :

1)      Sub Bidang Pendidikan, Pemerintahan dan  Aparatur;

2)      Sub Bidang Kesehatan, Pemberdayaan    Perempuan dan Perlindungan Anak;

3)      Sub Bidang Kependudukan dan Kesejahteraan  Masyarakat.

5. Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan, membawahi :

1)      Sub Bidang Prasarana Wilayah, Perumahan dan Permukiman;

2)      Sub Bidang Keciptakaryaan dan Penataan Ruang;

3)      Sub Bidang Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air.

6. Bidang Penelitian, Pengembangan dan Pelaporan,membawahi :

1)      Sub Bidang Penelitian, Pengembangan dan Data;

2)      Sub Bidang Perencanaan dan Analisis Pendanaan Pembangunan;

3)      Sub Bidang Pelaporan dan Evaluasi.

7. Kelompok Jabatan Fungsional Tertentu.

Bagan Struktur Organisasi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Bupati ini.

 

Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas membantu Kepala Badan dalam melaksanakan sebagian tugas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah untuk mengkoordinasikan bidang-bidang dan memberikan pelayanan administratif serta teknis yang meliputi urusan umum, kepegawaian, penyusunan program dan keuangan

 

Sekretariat, mempunyai fungsi :

a)    pelaksanaan koordinasi dan penyusunan rencana program, kegiatan dan anggaran;

b)    pelaksanaan pengelolaan dan pembinaan urusan administrasi umum, kepegawaian dan keuangan;

c)     pelaksanaan urusan ketatausahaan, kerumahtanggaan, tata laksana dan hubungan masyarakat;

d)    pelaksanaan dan koordinasi penyusunan peraturan perundang-undangan dan penataan organisasi;

e)    pelaksanaan dan koordinasi pengelolaan dan pengamanan aset;

f)      pelaksanaan evaluasi dan penyusunan laporan; dan

g)    pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Badan

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, mempunyai tugas :

a)    melakukan pengelolaan dan pembinaan urusan administrasi umum dan kepegawaian;

b)    melakukan pengelolaan surat menyurat, kearsipan, ketatalaksanaan, kerumahtanggaan, hubungan masyarakat dan keprotokolan;

c)     menyusun rencana kebutuhan, pengadaan, distribusi dan pemeliharaan perlengkapan dan peralatan kantor;

d)    menyusun bahan koordinasi dibidang administrasi umum dan kepegawaian;

e)    melakukan pengelolaan dan pengamanan aset;

f)      melakukan evaluasi dan menyusun laporan; dan

g)    melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris.

 

Sub Bagian Penyusunan Program, mempunyai tugas :

a)    menyusun bahan koordinasi dan menyusun rencana kerja, rencana program, kegiatan dan anggaran;

b)    menyusun bahan koordinasi dan menyusun laporan kinerja;

c)     melakukan pengelolaan data dan perencanaan program;

d)    menyusun bahan koordinasi dibidang penyusunan program dan penataan organisasi;

e)    melakukan evaluasi dan menyusun laporan; dan

f)      melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris.

 

Sub Bagian Keuangan, mempunyai tugas :

a)    menyusun bahan koordinasi dan menyusun anggaran keuangan;

b)    melakukan pengelolaan dan pembinaan administrasi keuangan;

c)     melakukan evaluasi anggaran dan penggunaan keuangan;

d)    menyusun laporan keuangan;

e)    menyusun bahan koordinasi dibidang keuangan;

f)      melakukan evaluasi dan menyusun laporan; dan

g)    melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Sekretaris.

 

BIDANG EKONOMI

Bidang Ekonomi, mempunyai tugas membantu Kepala Badan dalam melaksanakan sebagian tugas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah meliputi pertanian dan pangan, perindustrian, perdagangan, koperasi dan usaha mikro serta pembiayaan pembangunan daerah

Bidang Ekonomi, mempunyai fungsi :

a)    perumusan rencana kerja Bidang Ekonomi;

b)    perumusan rencana pembangunan pertanian dan pangan, perindustrian, perdagangan, koperasi dan usaha mikro serta pembiayaan pembangunan daerah;

c)     pelaksanaan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas program perencanaan pembangunan pertanian dan pangan, perindustrian, perdagangan, koperasi dan usaha mikro serta pembiayaan pembangunan daerah;

d)    pengembangan rencana kebijakan pembangunan pertanian dan pangan, perindustrian, perdagangan, koperasi dan usaha mikro serta pembiayaan pembangunan daerah;

e)    pelaksanaan koordinasi perencanaan dan pengendalian program pembangunan pertanian dan pangan, perindustrian, perdagangan, koperasi dan usaha mikro serta pembiayaan pembangunan daerah;

f)      pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan; dan

g)    pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Badan

Sub Bidang Pertanian dan Pangan, mempunyai tugas :

a)      menyusun rencana kerja Sub Bidang Pertanian dan Pangan;

b)      menyusun bahan perumusan kebijakan teknis program pembangunan pertanian dan pangan;

c)      menyusun bahan koordinasi program pembangunan pertanian dan pangan;

d)      melakukan evaluasi kebijakan teknis program pembangunan pertanian dan pangan;

e)      melakukan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan; dan

f)       melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Ekonomi

Sub Bidang Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro, mempunyai tugas :

a)    menyusun rencana kerja Sub Bidang Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro;

b)    menyusun bahan perencanaan pembangunan perindustrian, perdagangan, koperasi dan usaha mikro;

c)     merancang rencana dan program pembangunan perindustrian, perdagangan, koperasi dan usaha mikro;

d)    menyusun bahan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas program pembangunan perindustrian, perdagangan, koperasi dan usaha mikro;

e)    melakukan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan; dan

f)      melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Ekonomi

Sub Bidang Pembiayaan Pembangunan Daerah, mempunyai tugas :

a)    menyusun rencana kerja Sub Bidang Pembiayaan Pembangunan Daerah;

b)    menyusun bahan perencanaan pengembangan pembiayaan pembangunan daerah;

c)     menyusun bahan perencanaan pembangunan bidang penanaman modal;

d)    merancang rencana dan program pengembangan pembiayaan pembangunan daerah;

e)    merancang rencana dan program pembangunan bidang penanaman modal;

f)      menyusun bahan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas perencanaan pengembangan pembiayaan pembangunan daerah serta penanaman modal;

g)    melakukan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan; dan

h)    melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Ekonomi

 

 

BIDANG SOSIAL, BUDAYA DAN PEMERINTAHAN

Bidang Sosial, Budaya dan Pemerintahan mempunyai tugas membantu Kepala Badan dalam melaksanakan sebagian tugas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah meliputi pendidikan, pemerintahan dan aparatur, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta kependudukan dan kesejahteraan masyarakat

Bidang Sosial, Budaya dan Pemerintahan, mempunyai fungsi :

a)    perumusan rencana kerja Bidang Sosial, Budaya dan Pemerintahan;

b)    perumusan rencana pembangunan pendidikan, pemerintahan dan aparatur, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta kependudukan dan kesejahteraan masyarakat;

c)     pelaksanaan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas program perencanaan pembangunan pendidikan, pemerintahan dan aparatur, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta kependudukan dan kesejahteraan masyarakat;

d)    pengembangan rencana kebijakan pembangunan pendidikan, pemerintahan dan aparatur, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta kependudukan dan kesejahteraan masyarakat;

e)    pelaksanaan koordinasi perencanaan dan pengendalian program pembangunan pendidikan, pemerintahan dan aparatur, kesehatan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak serta kependudukan dan kesejahteraan masyarakat;

f)      pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan; dan

g)    pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Badan

Sub Bidang Pendidikan, Pemerintahan dan Aparatur, mempunyai tugas :

a)    menyusun rencana kerja Sub Bidang Pendidikan, Pemerintahan dan Aparatur;

b)    menyusun bahan perencanaan pembangunan pendidikan, kebudayaan, kepemudaan dan olahraga, ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, tata kelola pemerintahan dan aparatur, penanggulangan bencana, perpustakaan dan kearsipan, pers dan komunikasi serta pengembangan pariwisata;

c)     merancang rencana dan program pembangunan pendidikan, kebudayaan, kepemudaan dan olahraga, ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, tata kelola pemerintahan dan aparatur, penanggulangan bencana, perpustakaan dan kearsipan, pers dan komunikasi serta pengembangan pariwisata;

d)    menyusun bahan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas program pembangunan pendidikan, kebudayaan, kepemudaan dan olahraga, ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat, tata kelola pemerintahan dan aparatur, penanggulangan bencana, perpustakaan dan kearsipan, pers dan komunikasi serta pengembangan pariwisata;

e)    melakukan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan; dan

f)      melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Sosial, Budaya dan Pemerintahan

Sub Bidang Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, mempunyai tugas :

a)    menyusun rencana kerja Sub Bidang Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak;

b)    menyusun bahan perencanaan pembangunan kesehatan, pengendalian penduduk dan keluarga berencana serta pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak;

c)     merancang rencana dan program pembangunan kesehatan, pengendalian penduduk dan keluarga berencana serta pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak;

d)    menyusun bahan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas program pembangunan kesehatan, pengendalian penduduk dan keluarga berencana serta pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak;

e)    melakukan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan; dan

f)      melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Sosial, Budaya dan Pemerintahan

Sub Bidang Kependudukan dan Kesejahteraan Masyarakat, mempunyai tugas :

a)    menyusun rencana kerja Sub Bidang Kependudukan dan Kesejahteraan Masyarakat;

b)    menyusun bahan perencanaan pembangunan kependudukan, ketenagakerjaan, transmigrasi, sosial, kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat;

c)     merancang rencana dan program pembangunan kependudukan, ketenagakerjaan, transmigrasi, sosial, kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat;

d)    menyusun bahan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas program pembangunan kependudukan, ketenagakerjaan, transmigrasi, sosial, kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat;

e)    melakukan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan; dan

f)      melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Sosial, Budaya dan Pemerintahan.

BIDANG INFRASTRUKTUR DAN KEWILAYAHAN

Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan mempunyai tugas membantu Kepala Badan dalam melaksanakan sebagian tugas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah meliputi prasarana wilayah, perumahan dan permukiman, keciptakaryaan dan penataan ruang, sumber daya alam, lingkungan hidup dan sumber daya air

Bidang  Infrastruktur dan Kewilayahan mempunyai fungsi :

a)    perumusan rencana kerja Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan;

b)    perumusan rencana program pembangunan prasarana wilayah, perumahan dan permukiman, keciptakaryaan dan perencanaan tata ruang, sumber daya alam, lingkungan hidup dan sumber daya air;

c)     pelaksanaan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas dalam perencanaan program pembangunan prasarana wilayah, perumahan dan permukiman, keciptakaryaan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan sumber daya air;

d)    pelaksanaan perencanaan penataan ruang daerah;

e)    pelaksanaan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas dalam perencanaan penataan ruang daerah;

f)      pelaksanaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan; dan

g)    pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Badan.

Sub Bidang Prasarana Wilayah, Perumahan dan Permukiman, mempunyai tugas :

a)    menyusun rencana kerja Sub Bidang Prasarana Wilayah, Perumahan dan Permukiman sesuai dengan Rencana Kerja Badan;

b)    melakukan inventarisasi permasalahan pembangunan lingkup prasarana pekerjaan umum, perhubungan, komunikasi dan informatika, statistik, persandian, perumahan rakyat dan kawasan permukiman;

c)     menyusun rencana program pembangunan lingkup prasarana prasarana pekerjaan umum, perhubungan, komunikasi dan informatika, statistik, persandian, perumahan rakyat dan kawasan permukiman;

d)    menyusun bahan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan mensinergikan rencana program pembangunan lingkup prasarana pekerjaan umum, perhubungan, komunikasi dan informatika, statistik, persandian, perumahan rakyat dan kawasan permukiman;

e)    melakukan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan; dan

f)      melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan.

Sub Bidang Keciptakaryaan dan Penataan Ruang, mempunyai tugas :

a)    menyusun rencana kerja Sub Bidang Keciptakaryaan dan Penataan Ruang sesuai dengan Rencana Kerja Badan;

b)    menyusun Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW);

c)     melakukan pemberian pertimbangan teknis dalam rangka rekomendasi izin pemanfaatan ruang;

d)    melakukan inventarisasi permasalahan keciptakaryaan, perencanaan tata ruang dan pertanahan;

e)    menyusun bahan untuk mengevaluasi kebijakan makro penataan ruang daerah;

f)      menyusun bahan untuk mensinergikan antara perencanaan program dengan perencanaan spasial;

g)    menyusun bahan rencana program pembangunan lingkup keciptakaryaan;

h)    menyusun bahan koordinasi dan kerja sama kelembagaan penyelenggaraan keciptakaryaan, penataan ruang dan pertanahan;

i)      menyusun bahan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan mensinergikan rencana program pembangunan lingkup keciptakaryaan;

j)      melakukan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan; dan

k)     melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan.

Sub Bidang Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air, mempunyai tugas :

a)    menyusun rencana kerja sub bidang Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Air sesuai dengan Rencana Kerja Badan;

b)    melakukan inventarisasi permasalahan pembangunan lingkup sumber daya alam, lingkungan hidup dan sumber daya air sesuai dengan rencana kerja badan;

c)     menyusun rencana program pembangunan lingkup sumber daya alam, lingkungan hidup dan sumber daya air sesuai dengan rencana kerja badan;

d)    menyusun bahan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan mensinergikan rencana program pembangunan lingkup sumber daya alam, lingkungan hidup dan sumber daya air sesuai dengan rencana kerja badan;

e)    melakukan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan; dan

f)      melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan

BIDANG PENELITIAN, PENGEMBANGAN DAN PELAPORAN

Bidang Penelitian, Pengembangan dan Pelaporan mempunyai tugas membantu Kepala Badan dalam melaksanakan sebagian tugas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah meliputi penelitian, pengembangan dan data, perencanaan dan analisis pendanaan pembangunan serta pelaporan dan evaluasi.

Bidang Penelitian, Pengembangandan Pelaporan, mempunyai fungsi:

a)    perumusan rencana kerja Bidang Penelitian, Pengembangan dan Pelaporan;

b)    pelaksanaan koordinasi penelitian dibidang ekonomi, sosial, budaya dan pemerintahan, infrastruktur dan kewilayahan serta mengadakan kerja sama penelitian dengan lembaga lainnya;

c)     perumusan pengembangan hasil penelitian dalam perencanaan pembangunan;

d)    pelaksanaan pengumpulan dan penyusunan data pembangunan daerah;

e)    pelaksanaan evaluasi dan laporan pelaksanaan pembangunan daerah;

f)      pelaksanaan penyusunan informasi pembangunan daerah;

g)    pelaksanaan sistem perencanaan pembangunan daerah;

h)    pelaksanaan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan tahunan, lima tahun dan jangka panjang;

i)      perumusan bahan kebijakan dan prioritas pembangunan daerah;

j)      pelaksanaaan penyusunan laporan penyelenggaraan pembangunan daerah;

k)     pelaksanaaan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan; dan

l)      pelaksanaaan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Badan.

Sub Bidang Penelitian, Pengembangan dan Data, mempunyai tugas :

a)    menyusun rencana kerja Sub Bidang Penelitian, Pengembangan dan Data sesuai dengan Rencana Kerja Badan;

b)    menyusun bahan untuk kegiatan penelitian pada Bidang Ekonomi, Bidang Sosial, Budaya dan Pemerintahan serta Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan;

c)     menyusun bahan koordinasi kegiatan penelitian pada Bidang Ekonomi, Bidang Sosial, Budaya dan Pemerintahan serta Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan;

d)    melakukan kerja sama penelitian pada Bidang Ekonomi, Bidang Sosial, Budaya dan Pemerintahan serta Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan;

e)    menyusun data hasil penelitian untuk pengembangan dalam perencanaan pembangunan

f)      menyusun data hasil pembangunan daerah;

g)    memproses data untuk ditampilkan dalam sistem informasi pembangunan daerah;

h)    melakukan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan; dan

i)      melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Pelaporan

Sub Bidang Perencanaan dan Analisis Pendanaan Pembangunan, mempunyai tugas :

a)    menyusun rencana kerja Sub Bidang Perencanaan dan Analisis Pendanaan Pembangunan sesuai dengan Rencana Kerja Badan;

b)    menyusun bahan perumusan kebijakan dan prioritas pembangunan untuk penyusunan dokumen perencanaan pembangunan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek;

c)     menyusun bahan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas dalam perencanaan dan analisis pendanaan pembangunan daerah;

d)    melakukan evaluasi dan up dating sistem perencanaan pembangunan daerah

e)    menyusun dokumen perencanaan pembangunan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek;

f)      melakukan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan; dan

g)    melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Pelaporan

Sub Bidang Pelaporan dan Evaluasi, mempunyai tugas :

a)    menyusun rencana kerja Sub Bidang Pelaporan  dan Evaluasi sesuai dengan Rencana Kerja Badan;

b)    menyusun bahan untuk membuat laporan hasil pelaksanaan pembangunan secara berkala;

c)     menyusun laporan keterangan pertanggung-jawaban Bupati akhir tahun anggaran, akhir masa jabatan (menyusun laporan penyelenggaraan pembangunan daerah);

d)    menyusun laporan evaluasi perencanaan pembangunan tahunan secara berkala;

e)    menyusun laporan monitoring dan evaluasi pelaksanaan perencanaan pembangunan;

f)      melakukan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan; dan

g)    melakukan tugas-tugas kedinasan lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Penelitian, Pengembangan dan Pelaporan.

KELOMPOK JABATAN FUNGSIONAL

Kelompok jabatan fungsional tertentu mempunyai tugas membantu Kepala Badan dalam melaksanakan sebagian tugas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah sesuai dengan keahlian, keterampilan dan kebutuhan